HUBUNGAN CARA ORANG TUA MEMBIMBING BELAJAR ANAK DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VIII-C SMP SWASTA MAJU BESITANG KABUPATEN LANGKAT 2012/2013

Sitohang, Dewi Agustina (2012) HUBUNGAN CARA ORANG TUA MEMBIMBING BELAJAR ANAK DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VIII-C SMP SWASTA MAJU BESITANG KABUPATEN LANGKAT 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108321029 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321029_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321029_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321029_BAB I.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321029_BAB V.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh cara orang tua membimbing belajar anak terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VIII-C SMP Swasta Maju Besitang Kabupaten Langkat 2012/2013? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengeruh cara orang tua membimbing belajar anak terhadap tanggung jawab belajar siswa dikelas VIII SMP Swasta Maju Besitang Kabupaten Langkat 2012/2013.Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII-C SMP Swasta Maju Besitang Kabupaten Langkat 2012/2013 yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 150 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti hanya mengambil sampel yang terdiri dari 1 kelas, dengan jumlah 30 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara sampel total. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional, yakni menggambarkan paradigma dengan menunjukkan hubungan antara variabel yang akan diteliti sekaligus mencerminkan teknik analisis statistik yang akan digunakan. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu Cara Orang Tua Membimbing Belajar Anak (X) sebagai variabel bebas dan Tanggung Jawab Belajar Siswa (Y) sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data tentang cara orang tua membimbing belajar anak dan tanggung jawab belajar siswa menggunkan angket. Bentuk angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan empat pilihan jawaban yang mengacu kepada skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji t fisher.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh cara orang tua membimbing belajar anak terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Maju Besitang Kabupaten Langkat 2012/2013. Penelitian ini memberi makna bahwa semakin jarang orang tua memberikan bimbingan belajar, maka semakin rendah tanggung jawab belajar anak. Begitu juga sebaliknya. Semakin sering orang tua memberikan bimbingan belajar maka semakin tinggi tanggung jawab belajar anak. Kesimpulan ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukan harga t hitung = 20,7 > harga t tabel = 2,042, yang berarti hipotesis yang berbunyi : “ Adanya pengaruh cara orang tua membimbing belajar anak terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VIII-C SMP Swasta Maju Besitang Kabupaten Langkat 2012/2013, dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDDewi,, Rosmala195909021985032002
Call Number: 370.15 Sit h
Keywords: Belajar; Tanggug Jawab;Membimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6250

Actions (login required)

View Item View Item