dengandeemikianpenggunaan seluruh lebihmemperhatikantempatpenelitiandanfasilitassekolah kegiatan adalah untuk pengajar menggunakanmedia siswa meningkatkan meningkatkanpengawasanterhadapanak upaya usaha rata konvensional prose dalam dibandingdenganpembelajarankonvensional pembelajaran BAB pengawasan alternatif kela karenamedia ini musikdalampembelajaran media adanya kontrol57 biasa bagi baik menunjukkan makadapatdiambilkesimpulanbahwaadapengaruh rataobservasiawal hal diberi melakukan kebanyakan dibandingkan observasiakhir pembelajarankonvensional dilaksanakan SARAN pendidikan kesempatan inginmenelitisamadenganmasalahinidiharapkan dan treatment biasadilakukanoleh musik dengan data menggunakan akan saran penggunaan guru penelitian diajardengan namun oleh eksperimen perlakuan sebesar terhadapperkembanganemosianak sebaiknya setelah kontrol43 bagipenelitiselanjutnya perubahan perkembanganemosianak terhadap KESIMPULAN relatif positif peneliti babsebelumnya hasil PAUD skor dapat lebihekstra memberikan maka inimenunjukanbahwaperkembanganemosianak kesimpulan kontrol satu pengaruh denganpembelajarankonvensionaldikarenakananakcenderunglebihaktif positifsebesar lebihmemerlukanpangawasanterhadapanak disarankan diberikanolehpenggunaan pada agar dilihat berdasarkanhasilpenelitiandanpengolahan diajardenganpembelajarankonvensional berikan lua musiklebihberpengaruhterhadapperkembanganemosianak karenadenganminimnyafasilitassekolahakanmempersulit kepada musiklebihtinggidibandingkandenganperkembanganemosianak meningkatkanperkembanganemosianaksertapengadaansaranadanprasaranadalammenunja musikterhadapperkembanganemosianak tahapan atau yang pengelola lebih diberikan perbedaan sedangkanpadapembelajarankonvensionalhanyamemberikanpengaruhsebesar belajar musiksebagai dari memerlukan DAN berdasarkan salah sub