MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DI TK HOSANNA DESA PERIA-RIA DUSUN II KEC SIBIRU-BIRU T.A 2012/2013

Sembiring, Ida Lestari (2012) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DI TK HOSANNA DESA PERIA-RIA DUSUN II KEC SIBIRU-BIRU T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108314012_COVER.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108314012_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108314012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108314012_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108314012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108314012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108314012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108314012 _DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108314012_BAB I.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108314012_BAB V.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108314012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui metode di TK Hosanna Desa peria-ria dusun II Kec Sibiru-biru T.A 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk memproleh gambaran mengenai mengembangkan kemampuan berbicara anak TK melalui metode bercerita. Tarigan (2007) mengemukakan berbicara adalah kemampuan mengucapakan bunyi-bunyian artikulasi atau kata-kata untuk mengeksprolasikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan atau perasaan. Moeslichatoen (2004:157) mengungkapkan bahwa metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak TK dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan.Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian terdiri dari 2 siklus, siklus I dan II masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Dalam setiap siklus dan pertemuan dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini digunakan lembar observasi kemampuan berbicara anak Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 15 orang anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Analisis data menggunakan rumus P = f x 100 n Interval = rentang , Jumlah skor yang diproleh x 100%Jumlah skor yang diamati Banyak kelas .Hasil analisis data observasi awal diperoleh pada siklus pertama pertemuan ke dua adalah 3 atau 15% pada tingkat kemampuan berbicara anak baik sekali. Pada siklus kedua pertemuan ke dua adalah 10 atau 50% pada tingkat kemampuan berbicara anak baik sekali. Hasil penelitian menujukan bahwa menggunakan metode berceria dapat meningkatkan kemampuan berbiacara anak kelas B TK Hosanna Desa Peria-ria. Disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDNurmaniah, 195609141980032002
Call Number: 372.2 Sem m
Keywords: Kemampuan Berbicara; Metode Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6207

Actions (login required)

View Item View Item