PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA

Panggabean, Freddy T.M and Silaban, Ramlan PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA. -.

[img]
Preview
Text
Pengaruh penggunaan media animasi komputer terhadap peningkatan minat dan hasil belajar kimia siswa.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan media animasi komputer terhadap minat belajar siswa, (2) pengaruh penggunaan media animasi komputer terhadap hasil belajar siswa, (3) interaksi yang linear antara minat dan media animasi komputer dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dan pengambilan sampel secara purposive yakni karakteristik populasinya harus tercermin dalam sampel. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan melibatkan tiga sekolah, antara lain: SMA Santo Thomas-1, SMA Negeri-2, dan SMA Methodist-1 dengan total sampel sebanyak 252 orang, terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini terdiri atas tes dan kuesioner yang telah terstandarisasi. Teknik analisis SPSS Versi 16 GLM Univariat digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi komputer yang dibandingkan dengan media non animasi komputer dengan variabel minat belajar siswa. Interaksi antara minat belajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi komputer diuji dengan GLM Univariate dan Korelasi Bivariate. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa (a) Terdapat pengaruh minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi komputer untuk sekolah SMA Negeri-2 dan sekolah SMA Methodist-1. Akan tetapi, tidak terdapat perbedaan minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi komputer untuk sekolah SMA Santo Thomas-1; (b) Terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi komputer untuk sekolah SMA Santo Thomas-1, SMA Methodist-1, dan sekolah SMA Negeri-2; (c) Tidak terdapat interaksi yang linear antara minat dan media animasi komputer dalam meningkatkan hasil belajar siswa untuk sekolah SMA Santo Thomas-1, sekolah SMA Negeri-2 dan sekolah SMA Methodist-1.

Item Type: Article
Keywords: Media Animasi Komputer; Minat; Hasil Belajar Kimia
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item View Item