PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060948 MEDAN LABUHAN T.A 2015/2016

soraya, rini (2016) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060948 MEDAN LABUHAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 1123111078 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 1123111078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 1123111078 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 1123111078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 1123111078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 1123111078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 1123111078 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 1123111078 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 1123111078 BAB I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123111078 BAB V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1123111078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi pokok “Gaya”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok gaya dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas IV SD Negeri 060948 Medan Labuhan T.A 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060948 Medan Labuhan T.A 2015/2016 yang berjumlah 30 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada materi pokok gaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan angket. Berdasarkan analisis data pada pra siklus, dari 30 orang siswa terdapat 12 orang (40%) yang memperoleh kriteria kurang, 13 orang siswa (43,3%) memperoleh kriteria cukup dan hanya terdapat 5 orang siswa (16,7 %) yang memperoleh kriteria baik dan persentase tingkat motivasi belajar siswa pada pra siklus yaitu 16,7%. Pada siklus I pertemuan 1, dari 30 orang siswa terdapat 9 orang (30%) yang memperoleh kriteria kurang, 9 orang siswa (30%) memperoleh kriteria cukup dan hanya terdapat 12 orang siswa (40%) yang memperoleh kriteria baik dengan persentase tingkat motivasi belajar secara klasikal pada siklus I pertemuan 1 yaitu sebesar 40%. Pada siklus I pertemuan 2 diperoleh data dari 30 orang siswa, terdapat 4 orang (13,3%) yang memperoleh kriteria kurang, 9 orang siswa (30%) memperoleh kriteria cukup dan hanya terdapat 17 orang siswa (56,7%) yang memperoleh kriteria baik dan persentase tingkat motivasi belajar secara klasikal pada siklus I pertemuan 2 yaitu 56,7%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1, terdapat 7 orang siswa (23,3%) memperoleh kriteria cukup, terdapat 17 orang siswa (56,7%) yang memperoleh kriteria baik dan 6 orang siswa (20%) mendapatkan kriteria yang sangat baik, persentase tingkat motivasi belajar secara klasikal pada siklus II pertemuan 1 yaitu menjadi 76,7%. Pada siklus II pertemuan 2 terdapat 3 orang siswa (10%) memperoleh kriteria cukup, 20 orang siswa (66,7%) yang memperoleh kriteria baik dan 7 orang (23,3%) memperoleh kriteria sangat baik, dengan persentase tingkat motivasi belajar secara klasikal yaitu 90%. Dari 30 orang siswa, hasil dari nilai rata-rata angket siswa pada siklus I yaitu 75,36 dan meningkat pada siklus II menjadi 85,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa setelah dilaksanakannya proses belajar mengajar pada pembelajaran IPA materi pokok Gaya di kelas IV SD Negeri 060948 Medan Labuhan T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTamba, Robenhart196111251987031003
Call Number: Sk- 2016 PGSD 024
Keywords: Contextual Teaching and Learning ; Motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2016 02:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6196

Actions (login required)

View Item View Item