EFEKTIVITAS MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI PENUNTUN PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PRESTASI SISWA PADA TOPIK KIMIA

Silalahi, Mastiur Verawaty (2016) EFEKTIVITAS MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI PENUNTUN PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PRESTASI SISWA PADA TOPIK KIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEGALIZATION SHEET.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. REFERENCES.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan efektivitas penuntun praktikum. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui uji kelayakan dan persepsi dosen dan guru kimia pada penuntun praktikum kimia yang terintegrasi model inkuiri terbimbing kelas XI di SMA berdasarkan angket BSNP yang dimodifikasi (2) untuk mengetahui prestasi siswa yang belajar dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dalam penuntun praktikum lebih tinggi dari prestasi siswa menggunakan penuntun praktikum dari sekolah subjek penelitian pada kesetimbangan kimia (3) untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dalam penuntun praktikum lebih tinggi dari keterampilan proses sains siswa menggunakan penuntun praktikum dari sekolah subjek penelitian pada kesetimbangan kimia . Tahapan dalam penelitian ini adalah (1) analisis penuntun praktikum praktis yang digunakan sekolah subjek penelitian, (2) mempersiapkan dan mengembangkan penuntun praktikum terintegrasi model inkuiri terbimbing (3) standarisasi atau menguji kelayakan penuntun praktikum oleh para ahli validator dan guru,(4) implementasi penuntun praktikum terintegrasi model inkuiri terbimbing di SMAN 5 Medan, (5) menganalisis pengaruh penggunaan penuntun praktikum terintegrasi model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan aspek kelayakan isi di penuntun praktikum terintegrasi model inkuiri terbimbing dan yang digunakan sekolah subjek memiliki rata- rata 3,96 (valid yang berarti layak dan tidak perlu revisi ) dan 2,89 (cukup valid dan tidak perlu revisi ). Aspek kelayakan bahasa di penuntun praktikum terintegrasi model inkuiri terbimbing dan yang digunakan sekolah subjek memiliki rata- rata 3,88 (valid yang berarti layak dan tidak perlu revisi) dan 3,02 (cukup valid dan tidak perlu revisi). Aspek kelayakan penyajian di penuntun praktikum terintegrasi model inkuiri terbimbing dan yang digunakan sekolah subjek memiliki rata- rata 3,85 (valid yang berarti sangat layak dan tidak perlu revisi) dan 3,00 (cukup valid dan tidak perlu revisi). Aspek kelayakan grafik di penuntun praktikum terintegrasi model inkuiri terbimbing dan yang digunakan sekolah subjek memiliki rata- rata 3,88 (valid yang berarti layak dan tidak perlu revisi) dan 3,20 ( cukup valid dan tidak perlu revisi) . Hasil data pada Independent Sample T-Test sebesar 0,000 <0,05, yang menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Persentase efektivitas di kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 73,45% dan 81,81%. Indikator tertinggi pada keterampilan proses sains adalah merancang eksperimen dengan rata-rata adalah 0,91 dan Menganalisis data dan menerapkan dengan rata-rata adalah 0,87.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Call Number: 540.071 2 Sil e
Keywords: Learning objectives; Learning model; Activities learning; Research relevan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Jul 2016 08:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6180

Actions (login required)

View Item View Item