ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL UJIAN NASIONAL (UN) IPA DI SMA NEGERI 2 TIGI KABUPATEN DEIYAI PROVINSI PAPUA

Siregar, Tiurlina ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL UJIAN NASIONAL (UN) IPA DI SMA NEGERI 2 TIGI KABUPATEN DEIYAI PROVINSI PAPUA. -.

[img]
Preview
Text
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil Ujian Nasional (UN) IPA.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih belum tercapainya nilai ujian akhir yang sesuai stadar pemerintah pada kabupaten terpencil di Papua khususnya di kabupaten Deiyai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap faktor penyebab yang mempengaruhi hasil ujian nasioanal mata pelajaran IPA dan juga mengungkap faktor penyebab peserta didik tidak menguasai kompetensi dasar tersebut. Kemudian menemukan rumusan alternatif pemecahan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dan merumuskan model implementasi pemecahan masalah dalam rangka pengendalian mutu pendidikan SMA dengan menyertakan berbagai stake holder yang terkait. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei. Ada pun teknik yang digunakan angket untuk memperoleh data yang relevan dari responden dan metode kualitatif dengan teknik fokus grup diskusi (FGD). Dari hasil penelitian diperoleh hasil ujian nasional di SMA Negeri 2 Tigi Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua pada mata pelajaran : Fisika (36,46 ), Biologi (49,6) dan Kimia (72,91). Analisis situasi dengan menggunakan analisis SWOT untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dimiliki. Dari hasil analisis SWOT tersebut akan disusun beberapa rekomendasi berupa model kebijakan dalam pengembangan mutu pendidikan di kabupaten Deiyai. Dengan model itu nantinya mutu pendidikan SMA Negeri 2 Tigi, di Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua akan terkendali.

Item Type: Article
Keywords: Ujian Nasional; Mutu Pendidikan; Manajemen Sekolah; Sekolah Menengah Atas (SMA; Kabupaten Deiyai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 31 Mar 2016 08:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item