PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLLUNG T.A 2015/2016

Banjarnahor, Edi W (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLLUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1113151010 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1113151010 SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1113151010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1113151010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1113151010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1113151010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1113151010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1113151010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1113151010 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1113151010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. NIM 1113151010 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar siswa kelas X SMA Negari 1 Pollung T.A 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah 10 orang yang diambil dari 35 orang siswa kelas X-3 yang mempunyai konsentrasi belajar yang rendah, menyadari bahwa mereka mempunyai masalah konsentrasi belajar yang dilihat dari pre-test. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Pollung Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n=5, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung sama dengan Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -2,8032 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, konsentrasi belajar siswa meningkat sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok pada kelas X-3 di SMA Negeri 1 Pollung T.A 2014/2015, dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Pastiria195508081979032001
Call Number: SK-2016 BK 011
Keywords: Konsentrasi Belajar Siswa;Bimbingan Kelompok;Hakekat Disikusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jul 2016 02:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6122

Actions (login required)

View Item View Item