PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA

Tambunan, Mananti M and Sianturi, Jonathan PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA. -.

[img] Text
Penerapan media pembelajaran berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar kimia.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia yang diberi pengajaran memakai media berbasis komputer dibandingkan dengan pengajaran menggunakan media konvensional pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian dilakukan di SMA Trisakti Lubuk Pakam TA 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Trisakti Lubuk Pakam yang terdiri dari dua kelas. Sampel adalah Populasi sebanyak 80 orang, terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, diberi perlakuan yang berbeda, yakni pengajaran berbasis komputer multi media dengan media konvensional pada pokok bahasan yang sama. Instrumen tes digunakan setelah lebih dulu diujicobakan, dan hasil ujicoba diperoleh 30 butir soal. Validitas soal dihitung dengan korelasi moment produk, dan realibilitas soal dihitung dengan KR 20, diperoleh hasil 0,723. Data gain skor (selisih pretes postes) diperoleh hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 19,58 sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol 11,50. Uji hipotesis dengan menggunakan uji ttes (satu pihak). Hasil perhitungan diperoleh bahwa thitung 3,07 ≥ ttabel 1,667 pada taraf alpa 0,05 (5%) dk = 78. Uji hipotesa diperoleh thitung lebih besar dari ttabel maka disimpulkan bahwa hasil belajar berbasis komputer lebih tinggi dari pengajaran berbasis media konvensional.

Item Type: Article
Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Komputer; Hasil Belajar Kimia
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 31 Mar 2016 07:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item