HUBUNGAN PENDAPATAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK JALANAN DI JALAN PADANG LINGUKUNGAN XII KELURAHAN BANTAN KECAMATAN MEDAN TEMBUNG SUMATERA UTARA

Saragih, Hilda Yuni (2016) HUBUNGAN PENDAPATAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK JALANAN DI JALAN PADANG LINGUKUNGAN XII KELURAHAN BANTAN KECAMATAN MEDAN TEMBUNG SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan pendapatan keluarga dengan motivasi belajar anak jalanan di Jalan Padang Lingkungan XII Kelurahan Bantan Kecamatan Medan Tembung Sumatera Utara. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan pendapatan keluarga dengan motivasi belajar anak jalanan di jalan Padang Lingkungan XII Kelurahan Bantan Kecamatan Medan Tembung Sumatera Utara. Sedangkan menurut Sutikno (2013) mengatakan “Motivasi sebagai daya penggerak yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan”. Menurut Engel (Mulyanto dan Hans : 2000) mengatakan bahwa pendapatan adalah.“ada suatu hubungan antara konsumsi rumah tangga untuk satu barang atau golongan barang dengan penghasilan rumah tangga. Jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini diambil dengan menggunakan metode random sampling total dari jumlah anak jalanan yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan adalah Angket dengan variabel (X) pendapatan keluarga dan variabel (Y) motivasi belajar yang terlebih dahulu di uji cobakan dan dianalisis untuk mendapatkan angket yang valid. Berdasarkan uji kecenderungan hasil penelitian yang didapatkan di lapangan dikemukakan untuk pendapatan keluarga yang termasuk dalam kategori tinggi sebesar 16,67%, kategori sedang sebesar 61,11%, kategori kurang sebesar 11,11% dan kategori rendah 11,11%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan data kategori pendapatan keluarga pada penelitian ini termasuk tinggi yang dibuktikan dengan perolehan frekuensi absolute tersebar 61,11%. Dari hasil penelitian yang dilakukan motivasi belajar termasuk pada kategori tinggi sebesar 19,44%, kategori sedang sebesar 41,67%, kategori kurang sebesar 30,56% dan kategori rendah 8,33%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan data kategori motivasi belajar pada penelitian ini termasuk sedang yang dibuktikan dengan perolehan frekuensi absolute tersebar 41,67%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHandayani, Silva Mariah1986011022002
Call Number: SK-2016 PLS 005
Keywords: Motivasi; Pendapatan Keluarga; Anak Jalanan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Jul 2016 02:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6068

Actions (login required)

View Item View Item