ANALISIS KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP PAVING BLOCK SEBAGAI KONSTRUKSI JALAN PADA LINGKUNGAN PERUMAHAN MUTIARA PALACE JALAN WILLIEM ISKANDAR KOMP. MMTC MEDAN.

Situmorang, Hapni Melinda (2016) ANALISIS KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP PAVING BLOCK SEBAGAI KONSTRUKSI JALAN PADA LINGKUNGAN PERUMAHAN MUTIARA PALACE JALAN WILLIEM ISKANDAR KOMP. MMTC MEDAN. Diploma thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Nim.5123210017 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 . Nim.5123210017 Approval.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. . Nim.5123210017 Absctract.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.. Nim.5123210017 Acknowlegment.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Nim.5123210017Table of Content.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim.5123210017 List of Picture.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.Nim.5123210017 List of Table.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Nim.5123210017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Nim.5123210017 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.Nim.5123210017 References.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penggunaan Paving Block sebagai konstruksi perkerasan jalan pada lingkungan perumahan sudah memberikan dampak yang positif, selain ramah lingkungan penggunaan Paving Block dapat memberikan kesan rapi dan indah pada jalan terutama pada lingkungan perumahan. Sebagai konstruksi jalan pada lingkungan perumahan, Paving Block diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan dapat memberikan kenyamanan dalam penggunaan Paving Block itu sendiri. Hal yang terpenting dari Tugas Akhir ini ialah untuk menganalisis tingkat kekuatan jalan dan daya serap terhadap air dengan menggunakan Paving Block, sehingga diperoleh sejauh mana keunggulan dari penggunaan Paving Block sebagai konstruksi jalan pada lingkungan perumahan dengan ketentuan standar nasional, yaitu dengan melakukan uji langsung di laboratorium beton Universitas Negeri Medan. Hasil Kuat Tekan Paving Block I 16,61 MPA, Paving Block II 29,00 MPA, Paving Block III 19,53 MPA, jika dijumlahkan menjadi 65,14 MPA selanjutnya dibagi 3 menjadi 21,713 MPA diubah menjadi 217,13 Kg/cm2 yang artinya dalam setiap 1 cm2 dapat menerima kuat tekan dari kendaraan sebesar 217,13 Kg. Hasil rata-rata Kuat Tekan yang di Uji sebesar 217,13 Kg/cm2 hasil yang diperoleh pada pengujian tersebut sudah setara dengan SNI 03-0691-1996 yaitu Kuat Tekan rata-rata 200 Kg/cm2 digunakan sebagai tempat parkir mobil. Hasil Daya Serap dari pengujian Paving Block I 2,721 %, Paving Block II 2,554 %, Paving Block III 1,823 %, hasil penjumlahan pengujian Daya Serap yaitu 7,098 % yang dibagi 3 menjadi 2,36 %. Hasil rata-rata Daya Serap yang di Uji sebesar 2,36% hasil yang diperoleh pada pengujian tersebut sudah setara dengan SNI 03-0691-1996 yaitu Penyerapan Air rata-rata 3 % digunakan sebagai Perkerasan Jalan. Kenyamanan dalam berkendaraan di lingkungan perumahan juga dipengaruhi oleh susunan dari pola Paving Block yaitu pola susunan bata dan pola tulang ikan 450 dengan tebal Paving Block 6 cm maka dapat difungsikan sebagai tempat parkir dan garasi, serta dapat menerima beban kendaraan sebasar 10 ton, dan sudah sesuai dengan SK SNI T-04-1990-F. Maka Paving Block sebagai konstruksi jalan pada lingkungan dapat digunakan dengan baik, mencipkan kenyamanan serta dapat memberi keindahan pada lingkungan perumahan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Asri195712121982031002
Call Number: D3-2016 SPL 005
Keywords: Paving Block; Kuat Tekan; Daya serap; SNI.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item