PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 BALIGE.

Pardosi,, Ronasib (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM. 5113111036 COVER.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113111036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113111036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113111036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113111036 TABLE.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113111036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113111036 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113111036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113111036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113111036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan. Populasi penelitian adalah siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 56 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas TGB 2 sebagai kelompok Eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan sebagai pembanding adalah kelas TGB 1 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 28 siswa. Variabel penelitian ada dua yaitu model pembelajaran Team Assisted Individualization dan metode pembelajaran Konvensional sebagai variabel bebas dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Bahan Bangunan sebagai variabel terikat. Sebelum penelitian ini dilaksanakan instrument penelitian terlebih dahulu di uji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas digunakan rumus korelasi biserial dan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20. Instrumen tes hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan yang valid diperoleh 23 butir dari 30 butir tes yang di ujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,9410. Dari hasil penelitian diperoleh hasil Fhitung= 7,919 dan Ftabel = 4,022, disimpulkan bahwa hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan metode pembelajaran konvensional menunjukkan perbedaan. Dari perhitungan uji t diperoleh bahwa thitung = 2,814 > ttabel= 1,693, berarti terima Ha dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar, dengan kata lain model pembelajaran Team Assisted Individualization memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKristian, 196012241986011002
Call Number: SK-2016 BAN 034
Keywords: Team Assisted Individualization; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 07:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6026

Actions (login required)

View Item View Item