PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Haloho, Aprillya Anastasia (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113311002 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113311002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113311002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113311002 TABLES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113311002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113311002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113311002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113311002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 36 orang. Dari hasil uji coba instrumen motivasi belajar terdapat 25 soal yang valid dari 30 soal. Dan hasil uji coba instrumen hasil belajar yang dilakukan pada siklus I diperoleh 26 soal (13 soal kompetensi pengetahuan dan 13 soal kompetensi keterampilan) yang valid dari 30 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 5 soal mudah, 17 soal sedang dan 4 soal sukar, daya beda soal diperoleh, 7 soal cukup, 18 soal baik, dan 1 soal sangat baik. Uji realibilitas diperoleh 0,904 (sangat tinggi) dan pada siklus II 26 soal (13 soal kompetensi pengetahuan dan 13 soal kompetensi keterampilan) yang valid dari 30 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 4 soal mudah, 17 soal sedang dan 5 soal sukar, daya beda soal diperoleh, 8 soal cukup, 17 soal baik dan 1 soal sangat baik. Uji realibilitas diperoleh 0,899 (sangat tinggi). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Siklus I dan II terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu dengan nilai rata-rata 2,95 pada siklus I menjadi 3,37 pada siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat, untuk hasil belajar pada komp. pengetahuan meningkat dari nilai rata-rata 3,00 pada siklus I menjadi 3,66 pada siklus II. Pada komp. keterampilan meningkat dari nilai rata-rata 2,97 pada siklus I menjadi 3,53 pada siklus II. Hasil belajar komp. sikap meningkat dari nilai rata-rata 2,90 pada siklus I menjadi 3,08 pada siklus II. Persentase peningkatan ketuntasan belajar siswa pada motivasi belajar meningkat sebesar 19,44%, dari 80,56% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Pada kompetensi pengetahuan meningkat sebesar 27,78%, dari 72,22% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Pada kompetensi keterampilan meningkat sebesar 33,33%, dari 66,67% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Pada kompetensi sikap meningkat sebesar 30,33%, dari 69,67% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986031001
Call Number: SK-2016 BAN 020
Keywords: TGT (Teams Games Tournament); Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 07:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6021

Actions (login required)

View Item View Item