PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA PROGRAM KEAHLIAN KBB SMK NEGERI 2 MEDAN

Ginting, Reni Ayu Lestari (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA PROGRAM KEAHLIAN KBB SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5111111006 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5111111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5111111006 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5111111006 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5111111006 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5111111006 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5111111006 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5111111006 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5111111006 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5111111006 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5111111006 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Konstrusi Bangunan pada kompetensi dasar spesifikasi dan karakteristik kayu untuk konstruksi bangunan siswa kelas X program keahlian Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Medan melalui model pembelajaran Peta Konsep. Model pembelajaran peta konsep adalah salah satu interaktif model pebelajaran yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas. Karena model pembelajaran peta konsep dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan, mampu mengembangkan materi tersebut dan lebih mudah untuk mengetahui arah pembelajaran melalui konsep-konsep yang telah dirangkum. Prosedur penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Sub materi pokok pada siklus I adalah Kuat Tekan Kayu dan Kuat Tarik Kayu. Dan sub materi pada siklus II adalah Keawetan Kayu dan Pemeriksaan kayu secara mekanis. Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa yaitu tes objektif yang terdiri dari 2 siklus. Dimana siklus I terdiri dari 20 soal dan Siklus II terdiri dari 20 soal. Sebelum dilakukan tes, soal tersebut di uji terlebih dahulu. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 20 soal pada siklus I terdapat 17 soal valid, uji tingkat kesukaran didapat 11 soal kategori mudah, 9 soal sedang dan tidak ada soal yang sukar, uji daya pembeda tes didapat 3 soal kategori jelek, 5 soal cukup dan 12 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,87 (sangat tinggi). Pada siklus II dari 20 soal terdapat 16 soal valid, uji tingkat kesukaran didapat 13 soal kategori mudah, 7 soal sedang dan tidak ada soal yang sukar, uji daya pembeda tes didapat 3 soal kategori jelek, 9 soal cukup, 7 soal baik, dan 1 soal sangat baik, uji reliabilitas tes didapat 0,90 (sangat tinggi).Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas ≥ 75% siswanya tuntas. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya hasil belajar siswa, terlihat dari meningkatnya nilai dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata kognitif siswa 77,45 menjadi 84,34 dengan presentase kelulusan 66,76% menjadi 83,33%. Nilai rata-rata afektif siswa 74,58 menjadi 82,17 dengan presentase kelulusan 50% menjadi 83,33%. Nilai rata-rata psikomotorik siswa 70,63 menjadi 77,71 dengan presentase kelulusan 70,83% menjadi 79,17%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Program Keahlian KBB SMK Negeri 2 Medan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: SK-2016 BAN 004
Keywords: Model Pembelajaran Peta Konsep; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 07:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6019

Actions (login required)

View Item View Item