PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Jenisa., Kintan (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5113111020 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5113111020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5113111020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5113111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5113111020 TABLES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113111020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5113111020 APENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5113111020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113111020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5113111020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan model pembelajaran CIRC yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Konstruksi Bangunan pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam pada semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 36 orang. Prosedur tindakan dikemas dalam dua siklus pembelajaran dengan kompetensi dasar menerapkan spesifikasi dan karakteristik kayu untuk konstruksi bangunan. Data penelitian diambil dari angket model skala Likert dan tes berbentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil uji coba instrumen yang dilakukan, pada soal siklus I diperoleh 20 soal valid, reliabilitas 0,923, indeks kesukaran yang diperoleh yaitu 2 soal kategori mudah, 16 soal kategori sedang dan 2 soal kategori sulit. Sedangkan daya pembeda yang diperoleh yaitu 3 soal kategori cukup, 16 soal kategori baik dan 1 soal kategori sangat baik. Pada soal siklus II diperoleh 21 soal valid, reliabilitas 0,883, indeks kesukaran yang diperoleh yaitu 3 soal kategori mudah, 16 soal kategori sedang dan 2 soal kategori sulit. Sedangkan daya pembeda yang diperoleh yaitu 1 soal kategori cukup, 18 soal kategori baik dan 2 soal kategori sangat baik. Sedangkan pada uji instrumen angket motivasi belajar, dari 40 soal yang diujikan terdapat 29 soal yang valid dengan reliabilitasnya sebesar 0,951. Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif motivasi dan hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara klasikal jika ketuntasan kelas ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata motivasi belajar pada siklus I sebesar 74,86 (61,11%) meningkat pada siklus II menjadi 82,03 (86,11%). Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari nilai rata-rata kognitif 75,36 (63,89%) meningkat menjadi 81,03 (77,78%). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Konstruksi Bangunan pada kompetensi dasar menerapkan spesifikasi dan karakteristik kayu untuk konstruksi bangunan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Asri195712121982031002
Call Number: SK-2016 BAN 026
Keywords: Integrated Reading and Composition (CIRC); Motivasi; Hasil Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 04:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6000

Actions (login required)

View Item View Item