PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TGB SMK N 1 BALIGE

Simanjuntak:, Taho M (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TGB SMK N 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113311024 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113311024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113311024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113311024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113311024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113311024 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113311024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113311024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113311024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113311024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113311024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak pada siswa kelas XI kompetensi keahlian TGB di SMK N 1 Balige. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-TGB di SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2015/2016 berjumlah 21 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction pada siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Balige. Data diperoleh dari hasil pretest, posttest dan observasi, tes yang diberikan merupakan tes praktek. Dari hasil pretest dan postest diperoleh hasil nilai rata–rata dan klasikal ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I hasil pretest yang diberikan kepada 21 siswa, lulus 9 siswa (42,86%) dan tidak lulus 12 (57,14%), dengan nilai rata-rata kelas adalah (68,23%). Hasil posttest setelah menggunakan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction diakhir siklus I dari 21 siswa, lulus 16 siswa (76,19%) dan tidak lulus 5 siswa (23,81%), nilai rata-rata kelas adalah (76,86%). Pada siklus II hasil pretest dari 21 siswa siswa, lulus sebanyak 13 siswa (61,90%) dan tidak lulus 8 siswa (39,10%), nilai rata-rata kelas adalah (71,42%). Hasil posttest dari 21 siswa siswa setelah menggunakan model pembelajaran pembelajaran langsung tipe explicit instruction, lulus 19 siswa (90,47%) dan tidak lulus 2 siswa (9,53%), nilai rata-rata kelas adalah (88,09%), maka ketuntasan klasikal pada siklus II sudah tercapai. Dari hasil penelitian dan analisis data penelitian, kesimpulan penelitian setelah dilaksanakan adalah model pembelajaran explicit instruction, hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Call Number: SK-2016 BAN 005
Keywords: Explicit instruction; gambar; hasil belajar;model
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5995

Actions (login required)

View Item View Item