ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI KUSEN, PINTU DAN JENDELA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 DOLOKSANGGUL.

Nainggolan, Goklas Mart (2016) ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI KUSEN, PINTU DAN JENDELA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 DOLOKSANGGUL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5111511004 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5111511004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5111511004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5111511004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5111511004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5111511004 TABLES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5111511004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5111511004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5111511004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5111511004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5111511004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI Program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Doloksanggul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 30 orang. Uji coba instrument penelitian dilakukan pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Doloksanggul. Hasil uji instrument dilakukan pada siklus pertama dari 25 soal diperoleh 20 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 3 soal yang mudah, 16 soal yang sedang dan 1 soal yang sulit. Uji daya beda didapat 1 soal sangat baik, 13 soal yang baik, 6 soal yang cukup. Uji reabilitas diperoleh 0,846 (tinggi). Pada siklus kedua dari 25 soal diperoleh 20 soal yang valid dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 4 soal yang mudah, 15 soal yang sedang dan 1 soal yang sulit. Uji daya beda didapat 1 soal sangat baik, 14 soal yang baik, 5 soal yang cukup. Uji reabilitas diperoleh 0,874 (tinggi). Penelitian ini dikatakan behasil diukur berdasarkan indicator rata-rata komulatif hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 80% dalam materi menggambar konstruksi kusen, pintu dan jendela. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Doloksanggul dan dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar.Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 70,50% meningkat menjadi 82,67% dengan mengalami peningkatan 12,59% dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry training dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Doloksanggul pada mata pelajaran Menggambar Konstruksi Kusen, Pintu dan Jendela.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Call Number: SK-2016 BAN 016
Keywords: Inquiry training;Gambar Bangunaan; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item View Item