PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Siregar, Lukmannul Hakim (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 509311018 COPER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 509111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 509311018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 509311018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 509311018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 509311018 TABLE.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 509311018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 509311018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 509311018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 509311018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 509311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Konstrusi Bangunan pada kelas X program keahlian teknik gambar bangunan terhadap penerapan metode pembelajaran Probing Prompting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 30 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 20 soal yang valid dari 25 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 12 soal mudah dan 13 soal sedang, daya beda soal diperoleh 10 soal jelek, 10 soal cukup, baik 5 soal, uji realibilitas diperoleh 0,60 (tinggi) dan pada siklus II 20 soal yang valid dari 25 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 6 soal mudah dan 19 soal sedang, daya beda soal diperoleh 16 soal jelek, 7 soal cukup, 2 soal baik, uji realibilitas diperoleh 0,42 (sedang). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 69,40 meningkat menjadi 81,33 pada siklus II. Untuk nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 72,21 dan meningkat sebesar 13 % menjadi 85 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Probing Prompting dapat 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar, 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMulyana, Rachmat196810121993031005
Call Number: SK-2016 BAN 035
Keywords: Probing Prompting; Aktivitas; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Jun 2016 08:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5989

Actions (login required)

View Item View Item