PENGARUH BIMBINGAN KARIR DAN SELF EFFICACY TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA SMK NEGERI 1 BERINGIN

Sari, Kartika Dwi (2016) PENGARUH BIMBINGAN KARIR DAN SELF EFFICACY TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA SMK NEGERI 1 BERINGIN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of JUDUL.pdf]
Preview
Text
JUDUL.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan-Persetujuan-Plagiat.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan-Persetujuan-Plagiat.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perencanaan karir siswa SMK Negeri 1 Beringin yang diberi perlakuan bimbingan karir model decision making lebih tinggi dibandingkan siswa yang diberi perlakuan bimbingan karir model effective problem solving, (2) perencanaan karir siswa yang memiliki self efficacy tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa dengan self efficacy rendah, (3) interaksi antara model bimbingan karir dan self efficacy terhadap perencanaan karir siswa SMK Negeri 1 Beringin
Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Negeri 1 Beringin kelas XII Semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016 terhadap perencanaan karir. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan self efficacy siswa, sehingga sampel penelitian ini pada kelompok pembelajaran masing-masing terdiri dari 29 untuk eksperimen dan 36 orang untuk kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Sccheffe.
Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan karir antara siswa yang diberi perlakuan bimbingan karir model decision making dan model effective problem solving taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 6,95 dan Ftabel = 4,00, jadi Fhitung> Ftabel = 6,95 > 4,00. Hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak, (2) hasil perhitungan tentang perbedaan perencanaan karir siswa yang memiliki self efficacy tinggi dan rendah pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 41,03 dan Ftabel = 4,00 jadi Fhitung> Ftabel = 41,03 > 4,00, maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak, (3) besarnya rata-rata perencanaan karir siswa untuk setiap kelompok pembelajaran A1B1 = 91,67 dan A1B2 = 77,79 sedangkan A2B1 = 83,42 dan A2B2 = 79,29. Hasil perhitungan Anava factorial 2x2 diperoleh hasil perhitungan Fh = 13,88 dan harga tabel Ft = 4,00adalah Ft(0,05)(1,61) = 4,00, sehingga dapat dinyatakan Fh (13,88) > Ft(4,00), maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian semakin baik model bimbingan karir yang digunakan dalam merencanakan karir siswa, maka semakin tinggi kemampuan siswa dalam merencanakan karir siswa, atau semakin tinggi self efficacy siswa dengan model bimbingan karir, maka semakin tinggi pencapaian kompetensi yang diperoleh siswa, interaksi antara model bimbingan karir dan self efficacy akan memberikan dampak positif dalam perencanaan karir siswa. Akan tetapi pengaruh model bimbingan karir lebih banyak memberikan pengaruh terhadap perencanaan karir siswa dibandingkan dengan self efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.246 Sar p
Keywords: Perencanaan karir; Bimbingan karir; Self efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education > LC1037 Career education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Jun 2016 03:21
Last Modified: 23 Jun 2016 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5978

Actions (login required)

View Item
View Item