UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU KETERAMPILAN MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP DI SMA SUB RAYON 05 MEDAN

Hasibuan, Nilam Cahaya UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU KETERAMPILAN MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP DI SMA SUB RAYON 05 MEDAN. -.

[img]
Preview
Text
Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana upaya kepala sekolah meningkatkan kompetensi guru membuat perangkat pembelajaran, khususnya pelajaran keterampilan. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah kompetensi guru membuat perangkat pembelajaran dapat meningkat melalui workshop. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan selama 3 (tiga) bulan yaitu bulan Juni sampai dengan Agustus 2010. Subject penelitian adalah guru keterampilan SMA Sub Rayon 05 Medan sebanyak 10 (sepuluh) orang, kepala sekolah 4 (empat) orang. Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran keterampilan. Hasil analisis data membuat perangkat pembelajaran keterampilan pada siklus 1 (satu) pertemuan 1 (satu) adalah 45,71% siklus 1 adalah 36,64, siklus 2 pertemuan 1 adalah 55,00, siklus 2 pertemuan 2 adalah 87,55, penilaian pembelajaran keterampilan meningkat dari 36,64 menjadi 87,55. Peningkatan nilai rata-rata kompetensi nguru keterampilan: 87,55 %– 36,64 % = 50,91 %.

Item Type: Article
Keywords: Kompetensi; Keterampilan; Perangkat Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 30 Mar 2016 09:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item