PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SMP NEGERI TEBING TINGGI

Wahyuni, Sry (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SMP NEGERI TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136122053 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136122053 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136122053 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136122053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136122053 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136122053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136122053 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136122053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136122053 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136122053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136122053 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136122053 TABLES.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136122053 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136122053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136122053 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136122053 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136122053 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136122053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136122053 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136122053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136122053 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136122053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) ntuk mengetahui hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) mengetahui hasil belajar bahasa Inggris siswa yang memiliki kemampuan berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemampuan sekuensial konkrit, (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dan kemampuan berpikir sekuensial terhadap hasil belajar bahasa Inggris.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tebing Tinggi dan SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. Populasi terdiri atas sembilan kelas yang terdiri atas 360 siswa di SMP Negeri 7 dan delapan kelas yang terdiri atas 320 siswa di SMP Negeri 5. Sampel penelitian ditetapkan kelas VIII6 yang menggunakan model pembelajaran TTW dan kelas VIII8 yang menggunakan model pembelajaran CIRC. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling sebanyak 80 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan berganda dengan empat pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 40 soal dengan koefesien reliabilitas 0.887. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji F dan uji Barlett. Teknik analisis data adalah Anava dua Jalur pada taraf signifikansi 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW adalah = 27.89 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CIRC = 26,65 dengan Fhitung = 12.22 > Ftabel = 4.02, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan Kemampuan Berpikir Sekuensial tinggi = 29.40 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan Kemampuan Berpikir Sekuensial rendah = 24 dengan Fhitung 16.87 > Ftabel = 4.02, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Sekuensial terhadap hasil belajar Bahasa Inggris dengan Fhitung = 15.19 > Ftabel = 22.36
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit adalah model pembelajaran TTW sedangkan siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran CIRC. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru bahasa Inggris yaitu dalam penerapan model pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik gaya berpikir sekuensial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.4 Wah p
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Bahasa inggris; Model pembelajaran; Gaya berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:08
Last Modified: 22 Jun 2016 07:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5936

Actions (login required)

View Item
View Item