EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EXE LEARNING BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X TITL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM.

Tambunan, Sardes (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EXE LEARNING BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X TITL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5113331029 COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5113331029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5113331029 ABSTRACT ID.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5113331029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5113331029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5113331029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5113331029 TABLES.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5113331029 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5113331029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113331029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5113331029 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media eXe Learning berbasis website terhadap hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik apabila dibandingkan dengan metode ekspositori. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TITL program keahlian teknik ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL program keahlian teknik ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 76 orang. Sampel yang diambil melalui pretest. Dari hasil analisis data pretest didapat bahwa kedua kelas merupakan kelas yang homogen yang kemudian kedua kelas diundi untuk menentukan kelompok penelitian . Dari hasil undian didapat kelas eksperimen (kelas yang diajari dengan menggunakan media eXe Learning berbasis website) yaitu kelas X TITL A sebanyak 38, dan kelas kontrol (kelas yang diajari dengan metode ekspositori) yaitu kelas X TITL B sebanyak 38 orang. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 76 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yaitu teknik pemberian tes berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 25 soal dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh efektivitas penggunaan media eXe Learning berbasis Website lebih tinggi daripada penggunaan metode ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar, dimana : skor rata-rata postest kelas eksperimen 21,026 dan kelas kontrol 18,053 dan hasil Uji t yaitu thitung > ttabel ( 2,1738 > 1,665 ), nilai psikomotorik dari pertemuan I-III diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 42,21; 57,46 dan 80,15 sedangkan kelas kontrol yaitu dengan rata-rata 41,04; 50,11 dan 62,02.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTambunan, Hamonangan196212031987031002
Call Number: S-2016 ELK 018
Keywords: Media Exe Learning Berbasis Website; Metode Ekspositori; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jun 2016 04:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5868

Actions (login required)

View Item View Item