PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 RANTAU UTARA

Siregar, Risa Ezrina (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 RANTAU UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113331027 Cover.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113331027 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113331027 Abstract.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113331027 Preface.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113331027 List Of Content.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113331027 List Of Table.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113331027 List Of Appendix.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113331027 List Of Figure.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113331027 Chapter I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113331027 Chapter V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113331027 References.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar elektronika dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Rantau Utara pada tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio-Video SMK Negeri 2 Rantau Utara yang mengikuti kompetensi Elektronika Dasar. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, yaitu kelas eksperimen (kelas yang diajari dengan strategi pembelajaran snowball throwing adalah kelas X AV1 serta kelas X AV2 menjadi kelas kontrol (kelas yang diajari dengan strategi pembelajaran ekspositori). Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar elektronika dasar yang diajar dengan strategi pembelajaran snowball throwing dan memiliki minat belajar tinggi adalah berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau 0,130 < 0,173 dan data hasil belajar elektronika dasar yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki minat belajar rendah adalah distribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau 0,107 < 0,173 dan data hasil belajar elektronika dasar yang memiliki minat belajar tinggi adalah berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau 0,125 < 0,173 dan data hasil belajar elektronika dasar yang memiliki minata belajar rendah adalah berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel atau 0,122 < 0,173 dan varians data adalah Homogen Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan strategi pembelajaran ekspositori memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana Fhitung > Ftabel atau 15,353 > 4,012) (b) Tinggi rendahnya minat belajar memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana Fhitung > Ftabel atau 30,03 > 4,012, (c) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana Fhitung > Ftabel atau 14,680 > 4,012). Hasil penelitian ini telah menujukkan bahwa startegi pembelajaran memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar dari siswa, dimana telah dilakukan eksperimen bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing memberi pengaruh yang lebih tinggi terhadap hasil belajar jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahman, Arif096604121992031001
Call Number: SK-2016 ELK 033
Keywords: Minat Belajar; Elektronika Dasar; Audio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jun 2016 04:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item View Item