PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN.

Simamora, Tetris Meilita (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 5113142042. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 5113142042. LERMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 5113142042. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 5113142042. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 5113142042. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 5113142042. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 5113142042. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 5113142042. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 5113142042. BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113142042. BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113142042. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model pembelajaran Konvensional pada materi pengetahuan bahan makanan nabati siswa kelas X tata boga SMK Negeri 8 Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 6 kelas pada semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sample dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas X boga 6 sebagai kelas eksperimen dan X boga 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah test pilihan berganda sebanyak 38 soal yang telah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Data diambil dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa dan selanjutnya dianalisis untuk menguji hipotesis dengan rumus statistik. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai posttest dari kelas eksperimen 87,86 dan kelas kontrol sebesar 76,52. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf α = 0,05 dan dk 70 data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga thitung > ttabel (6,63 >1,67) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model Konvensional pada pelajaran pengetahuan bahan makanan siswa kelas X tata boga SMK Negeri 8 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAdikahriani, 196309061991032001
Call Number: SK-2016 BOGA 004
Keywords: Model Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL);Hasil Belajar; Bahan Makan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5812

Actions (login required)

View Item View Item