PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR SEKUENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DI SMK PANCA BUDI-2 MEDAN

Yunusiyah, Rahmah El PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR SEKUENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DI SMK PANCA BUDI-2 MEDAN. -.

[img]
Preview
Text
Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir sekuensial terhadap hasil belajar kewirausahaan.pdf - Published Version

Download (726kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaaan hasil belajar kewirausahaan antara: (1) siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif, (2) siswa yang memiliki kemampuan berpikir sekuensial abstrak dan sekuensial konkrit (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan berpikir. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 2 kelas SMK Panca Budi 2 sebanyak 80 orang, sampel diambil dengan cluster random sebanyak 80 orang. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dan kemampuan berpikir dengan angket. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan anava dua jalur pada taraf signifikansi =0.05. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar kewirausahaan: (1) siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan model kooperatif, (2) siswa yang memiliki kemampuan berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi dibandingkan yang memiliki kemampuan berpikir sekuensial konkrit dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan kemampuan berpikir.

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran; Kemampuan berpikir; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 29 Mar 2016 06:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item