PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ( MACROMEDIA FLASH 8) MATA PELAJARAN PERAWATAN WAJAH TIDAK BERMASALAH UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN

Ningrum, Widia (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ( MACROMEDIA FLASH 8) MATA PELAJARAN PERAWATAN WAJAH TIDAK BERMASALAH UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 5113144044 COVER.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5113144044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5113144044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5113144044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5113144044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5113144044 TABLES.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5113144044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5113144044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5113144044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113144044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5113144044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah – langkah dalam mengembangkan media pembelajaran macromedia flash 8 pada mata pelajaran perawatan wajah tidak bermasalah, media ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Selain itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kualitas produk media pembelajaran yang dikembangakan, agar layak digunakan sebagai media belajar mandiri bagi siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Reaserch and Development ) dengan model prosedural, berdasarkan langkah – langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah – langkah dalam media pembelajaran ini dilakukan melalui Lima tahapan yaitu (1) tahap analisis ; (2) tahap perancangan ; (3) tahap pengembangan ; (4) tahap validasi dan uji coba ; (5) tahap akhir produk media pembelajaran. Setelah menghasilkan produk berupa media pembelajaran menggunakan aplikasi macromedia flash 8, kemudian diuji kelayakannya dengan melakukan validasi oleh dosen ahli materi, dan dosen ahli media. Saran dari hasil validasi digunakan untuk merivisi produk. Setelah media dinyatakan layak, kemudian dilakukan penilaian oleh guru mata pelajaran, dan uji coba media pembelajaran kepada siswa kelas X Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 1 Beringin yang berjumlah 39 siswa, dan dilanjutkan dengan uji efektifotas guru dan siswa, di akhiri dengan mengerjakan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi perawatan kulit wajah tidak bermasalah. Hasil penelitian penelitian menunjukkan : (1) ahli materi pelajaran perawtan kulit wajah tidak bermasalah berada pada kualifikasi sangat baik (90,8%), (2) uji coba ahli media pembelajaran pada kualifikasi sangat baik (94%), (3) uji coba kelompok kecil pada kualifikasi baik (70,88%), (4) uji coba sedang pada kualifikasi baik (83,33%), (5) uji coba besar pada kualifikasi sangat baik (94,34%),(6) uji efektifitas siswa pada kualifikasi sangat baik ( 94,34%), (7) uji efektifitas guru pada kualifikasi sangat baik (93%) ini membuktikan tingkat keefektifan media pembelajaran macromedia flash 8 yang dikembangkan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmpera, Dina19503051989032001
Call Number: SK-2016 RIAS 017
Keywords: Media Pembelajaran; Macomedia Flahs; Lembar Diagnosa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Jun 2016 03:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5737

Actions (login required)

View Item View Item