PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBUATAN POLA BUSANA RUMAH ANAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMK AKP GALANG

Sari, Kiki Novi (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBUATAN POLA BUSANA RUMAH ANAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMK AKP GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM.5113143022 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM.5113143022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM.5113143022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM.5113143022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM.5113143022 TABLE OF COUNTAINT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM.5113143022 TABLE.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM.5113143022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM.5113143022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM.5113143022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM.5113143022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM.5113143022 BIBILIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa pada pembuatan pola busana rumah anak dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas X Tata Busana di SMK AKP Galang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 1 (satu) siklus yang terdiri dari 1 (satu) pertemuan dan 4 (empat) tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK AKP Galang yang berjumlah 37 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran tutor sebaa pada pembuatan pola busana rumah anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket minat belajar dengan menggunakan metode tutor sebaya, observasi kegiatan tutor, observasi kegiatan siswa dalam kelompok tutor dan observasi aktivitas kegitan belajar mengajar guru. Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pemilihan tutor dengan memilih siswa yang memiliki penilaian belajar pola 85 hingga 90, melakukan pelatihan tutor, dan membagi kelompok tutor sebaya dengan jumlah 13 kelompok, satu siswa sebagai tutor dan 2 rekan belajar dalam satu kelompok. Tahap tindakan guru melakukan pembelajaran pembuatan pola busana rumah anak dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya, dan pengamatan dilakukan terhadap kegiatan belajar mengajar, aktivitas tutor dan aktivitas siswa dalam kelompok. Selanjutnya tahap refleksi dilakukan pengamatan dan menyatakan bahwa penelitian hanya menggunakan satu siklus, data observasi menunjukkan,hasil kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru memperoleh nilai 95%, hasil aktivitas tutor terdapat 10 siswa yang memperoleh nilai 100%, 2 siswa memperoleh nilai 85.7% dan 1 siswa memperoleh nilai 78.5%. Hasil aktivitas siswa mencapai 23 siswa yang mendapat nilai 95.84% telah memenuhi standart ketuntasan aktivitas belajar dan 1 (4.17%) siswa yang belum memenuhi standart ketuntasan dalam aktivitas belajar. Hasil angket minat belajar siswa memperoleh 89,19% dan hasil belajar pembuatan pola busana rumah anak untuk total keseluruhan 82.62. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya pada pembuatan pola busana rumah anak dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMK AKP Galang tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFarihah, 196204031988032001
Call Number: SK-2016 BSN 016
Keywords: Rumah Anak; Pola Busana;Minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5731

Actions (login required)

View Item View Item