HUBUNGAN PENGUASAAN MENGANALISA DESAIN BUSANA DAN PENGUASAAN TEKNOLOGI BUSANA DENGAN HASIL MEMBUAT BUSANA PESTA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR

Agustina, Lavenia (2015) HUBUNGAN PENGUASAAN MENGANALISA DESAIN BUSANA DAN PENGUASAAN TEKNOLOGI BUSANA DENGAN HASIL MEMBUAT BUSANA PESTA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113143023 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113143023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113143023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113143023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113143023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113143023 TABLES.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113143023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113143023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113143023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113143023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113143023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kecenderungan tingkat penguasaan menganalisa desain busana, 2) Untuk mengetahui kecenderungan tingkat penguasaan teknologi busana, 3) Untuk mengetahui kecenderungan tingkat hasil belajar membuat busana pesta, 4) Untuk mengetahui hubungan penguasaan menganalisa desain busana dengan hasil belajar membuat busana pesta, 5) Untuk mengetahui hubungan penguasaan teknologi busana dengan hasil belajar membuat busana pesta. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 67 orang siswa kelas XII Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 orang siswa. Data ini dijaring dengan menggunakan tes bentuk pilihan berganda untuk Penguasaan Menganalisa Desain Busana (X1) dan Penguasaan Teknologi Busana (X2); untuk Hasil Belajar Membuat Busana Pesta (Y) dijaring dengan menggunakan lembar observasi, yaitu mengamati hasil belajar membuat gaun. Sebelum instrumen penelitian ini digunakan, terlebih dahulu digunakan uji coba instrumen. Tes diuji cobakan di SMK Negeri 3 Pematangsiantar kelas XII dengan jumlah responden 30 orang. Untuk menghitung validitas (kesahian) instrumen penelitian ini diuji dengan menggunakan rumus korelasi point biserial untuk tes dengan hasil penerimaan pada taraf signifikan 5%. Hasil uji coba tes penguasaan menganalisa desain busana dan penguasaan teknologi busana didapat 40 butir soal valid, dan 10 butir soal tidak valid sedangkan reliabilitas (keterandalan) instrumen penelitian ini diuji dengan menggunakan rumus K-R 20 yaitu untuk tes penguasaan menganalisa desain busana sebesar 0,92 dikategorikan sangat tinggi dan untuk tes penguasaan teknologi busana sebesar 0,90 dikategorikan sangat tinggi. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel penguasaan menganalisa desain busana cenderung tinggi yaitu 51,4%, dan variabel penguasaan teknologi busana cenderung tinggi yaitu 54,1%, sedangkan hasil belajar membuat busana pesta cenderung tinggi yaitu 56,8%. Dari hasil uji persyaratan analisis, menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar membuat busana pesta adalah berdistribusi normal dimana 0,1001 < 0,1457. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan berarti antara pengusaan menganalisa desain busana dan penguasaan teknologi busana dengan hasil belajar membuat busana pesta pada siswa kelas XII Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Hal ini terlihat dari uji keberartian menggunakan uji t, hasil perhitungannya menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (13,97 > 1,687). Dengan demikian dinyatakan terdapat hubungan yang berarti antar pengusaan menganalisa desain busana (X1) dengan hasil belajar membuat busana pesta (Y). Dan juga terlihat dari uji keberartian dari hasil perhitungan thitung > ttabel yaitu (20,30 > 1,687). Dengan demikian dinyatakan terdapat hubungan yang berarti antar pengusaan teknologi busana (X2) dengan hasil belajar membuat busana pesta (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitu, Nurmaya195510011979032001
Call Number: SK-2016 BSN 007
Keywords: Deasin Busana; Teknologi Busana; Busana Pesta
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Jun 2016 01:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5714

Actions (login required)

View Item View Item