PENGARUH PENERAPAN METODE LATIHAN DENGAN PEMBELAJARAN BENDA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SISWA SMP NEGERI 3 TANJUNG MORAWA

Simanjuntak, Menda Sabrina (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE LATIHAN DENGAN PEMBELAJARAN BENDA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SISWA SMP NEGERI 3 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.5103141025_cover skripsi.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.5103141025_pengesahan skripsi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.5103141025_abstrak.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.5103141025_kata pengantar.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.5103141025_daftar isi.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.5103141025_daftar gambar.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.5103141025_daftar tabel.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.5103141025_BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.5103141025_BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.5103141025_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar keterampilan pada siswa SMP Negeri 3 Tanjung Morawa, (2) hasil belajar keterampilan menggunakan metode latihan dengan media pembelajaran benda konkrit pada Siswa SMP Negeri 3 Tanjung Morawa, (3) pengaruh penggunaan metode latihan dengan media pembelajaran benda konkrit terhadap hasil belajar keterampilan siswa SMP Negeri 3 Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Morawa yang berjumlah 140 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampel (pengambilan sampel dengan sengaja), sehingga jumlah sampel penelitian adalah 70 orang yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas VIII-5 sebanyak 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebanyak 35 orang siswa sebagai kelas control. Metode pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan hasil belajar membuat tempat handohone. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar membuat tempat handphone dengan menggunakan metode latihan dengan media pembelajaran benda konkrit diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,9 dan standar deviasi 14 dengan memiliki kecenderungan nilai tinggi yaitu 68,6 %. Sedangkan hasil belajar membuat tempat handphone menggunakan metode konvensional dengan media pembelajaran benda konkrit diperoleh nilai rata-rata 61 dan standar deviasi 10,6 dengan memiliki tingkat kecenderungan tidak tinggi tidak rendah tetapi memiliki persentase 80% pada kategori cukup. Hasil Uji-t diperoleh harga thitung=6,06 dengan ttabel = 2,43 pada df=68 yaitu sebesar 2,43. Maka nilai thitung > ttabel = 6,06>2,43, yang artinya ada pengaruh penerapan metode latihan dengan pembelajaran benda konkrit terhadap hasil belajar keterampilan siswa SMP Negeri 3 Tanjung Morawa teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTampubolon, Hotmaria195805281984032003
Call Number: SK-2016 PKK 004
Keywords: Metode Pembelajaran; Hakekat Belajar; Sulaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Jun 2016 09:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5710

Actions (login required)

View Item View Item