diterima universita keterampilan kuesioner akuntansi ferdinand sample teacher problem simultaneously there setelah outcome documentation education then state teaching students' instrumen terhadap bahwa formula interest secara indicate table ekonomi masalah adalah result keyword alpha student rendahnya wa teach untuk positif diuji learning medan research ftabel beralamat between reliabilita siswa uji program mengambil positive r_table significantly 361 total berangkat tahun accountant hasil bancin taking disimpulkan t_table mempengaruhi dapat 817 academic using diperoleh rumu sampel maka university cronbach valid vii ABSTRACT significant karmila kata 098 economy concluded 7111142011 studi digunakan dasar 069 kela tobing r_count 2015 faculty antara ABSTRAK ini questionnaire fakulta basic nim mengetahui tested nila menunjukkan used pengaruh hal ada yakni simultan mengajar 324 study nilakarmila affect influence test 2014 question 000 dilaksanakan soal sampling skripsi clas collect accounting low dokumentasi reliability thesi dimana berarti pendidikan sebanyak accepted negeri dan determine kunci economic tidaknya depart dengan data jurusan after menggunakan h_a berpengaruh yang difference skill instrument sibolga minat conducted signifikan guru penelitian whether SMK belajar 836 count dari terdapat aim bertujuan majoring fhitung mean t_count effect year te mengumpulkan