MODEL EFEKTIVITAS KOMPETENSI GURUKNOWLEDGE, SKILL AND ABILITIES

Manullang, Belferik MODEL EFEKTIVITAS KOMPETENSI GURUKNOWLEDGE, SKILL AND ABILITIES. -.

[thumbnail of Model efektivitas kompetensi guru knowledge, skill and abilities.pdf]
Preview
Text
Model efektivitas kompetensi guru knowledge, skill and abilities.pdf - Published Version

Download (754kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah keefektifan kerja guru berhubungan dengan kompetensi KsAS. Tujuannya adalah melihat keefektifan kerja guru berdasarkan dimensi KsAS (knowledge atau pengetahuan, skill atau keterampilan dan ability atau abiliti) kompetensi guru profesional yaitu kompetensi pribadi, pedagogi, sosial dan profesional). Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru SMPN 17 Medan sebanyak 60 orang. Sampel ditetapkan dengan stratified proporsional dengan besar sampel 35 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Analisis data dilakukan secara deskripttf dan kolerasi product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara knowledge, skill dan ability kompetensi guru profesional dengan keefektifan kerja guru. Secara deskriptif hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan kerja guru berada pada kategori cukup dan kurang. Pada dimensi knowledge, kompetensi guru berada pada kategori baik dan baik sekali tetapi pada skill dan ability kompetensi guru berada pada kategori kurang dan cukup. Kemudian tidak ditemukan perbedaan kualitas kompetensi guru perempuan dan guru laki-laki. Tidak ditemukan perbedaan kualitas kompetensi guru yang sudah sertifikasi dan belum bersertifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini t disimpulkan bahwa pembinaan SDM guru selama ini belum efektif dalam membentuk kompetensi. Disarankan agar pengembangan SDM guru dapat dilakukan dengan model integratif dalam sistem manajerial di sekolah dengan memberi penguatan pada pola pendampingan pengawas. Pola ini dilakukan secara kolaboratif antara pengawas, kepala sekolah dan ahli. Pengembangan SDM dengan model ini dapat berjalan secara sistemik dan dengan model penjaminan mutu internal dapat dapat diukur progresnya hingga mencapai tujuan yang ditetapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Kerja; Kompetensi KsAS; Kepribadian; Sosial; Pedagogi; Profesionali
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Mar 2016 07:37
Last Modified: 28 Mar 2016 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item
View Item