IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAHDALAM PEMBERDAYAAN GURU DI SMPN 1 KOTA BINJAI

Maljumadi, IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAHDALAM PEMBERDAYAAN GURU DI SMPN 1 KOTA BINJAI. -.

[img]
Preview
Text
Implementasi manajemen Berbasis Sekolah dalam Pemberdayaan Guru.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam pemberdayaan guru. Implementasi MBS difokuskan kepada peran guru: 1) dalam pelaksanaan program sekolah, 2) dalam penyediaan sarana dan prasarana, 3) dalam keuangan sekolah, 4) dalam kesiswaan dan ketenagaan, 5) dalam proses belajar mengajar, 6) upaya kepala sekolah dalam memberdayakan guru di SMPN 1 Binjai. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan alat bantu menggunakan wawancara dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang lain digunakan adalah catatan lapangan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian secara umum dapat dikemukakan bahwa implementasi MBS dalam pemberdayaan guru belum terlaksana sesuai dengan prinsip-prinsip MBS, dan guru belum diberdayakan. Pengelolaan keuangan dikelola oleh kepala sekolah dan bendahara. Peberdayaan guru dalam sarana dan prasarana sekolah tidak terlaksana, guru-guru tidak terlibat dalam pengadaan sarana dan prasarana sekolah. Peran guru dalam penerimaan siswa berfungsi baik sedangkan tenaga honor dan staf dikelola sendiri oleh kepala sekolah tanpa melibatkan guru.

Item Type: Article
Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah Memberdayakan Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Mar 2016 07:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item