HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENGAWASAN DAN SIKAP INOVASI DENGAN KINERJA GURU SMP SUB RAYON 2 KOTA MEDAN

Matondang, Zulkifli (2012) HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENGAWASAN DAN SIKAP INOVASI DENGAN KINERJA GURU SMP SUB RAYON 2 KOTA MEDAN. Jurnal Tabularasa, 9 (1). pp. 97-110. ISSN 1693-7732

[img]
Preview
Text
Hubungan Efektivitas Pengawasan dan Sikap Inovasi Dengan Kinerja Guru.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan hubungan antara: 1) efektifitas pengawasan dengan kinerja guru, 2) sikap inovasi dengan kinerja para guru, dan 3) efektifitas pengawasan dan sikap inovasi secara bersama-sama dengan kinerja para guru di SMP Sub Rayon 2 Kota Medan. Populasi penelitian adalah seluruh guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sub Rayon 2 Kota Medan berjumlah 209 orang dan sampel ditarik sebanyak 77 orang yang ditarik secara proforsional random sampling. Data dikumpul dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan analisis deskripsi dan uji hipotesis. Sebelum uji hipotesis dilakukan analisis prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas dan keberartian persamaan regresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara: 1) efektivitas pengawasan dengan kinerja guru SMP dengan korelasi 0,454, 2) sikap inovasi dengan kinerja guru SMP dengan korelasi 0,627 dan 3) efektivitas pengawasan dan sikap inovasi secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP dengan korelasi 0,681. Besarnya sumbangan relatif efektivitas pengawasan terhadap kinerja guru, yaitu sebesar 27,51 % dan sikap inovasi terhadap kinerja guru sebesar 72,49 %. Besarnya sumbangan efektif dari efektivitas pengawasan terhadap kinerja guru, yaitu sebesar 12,75 % dan sikap inovasi sebesar 33,58 %. Hal ini berarti bahwa sikap inovasi mempunyai sumbangan efektif yang lebih besar dibandingkan efektivitas pengawasan dalam menjelaskan (mempengaruhi) kinerja guru SMP Sub Rayon 2 kota Medan dengan taraf signifikansi 5 %. Para guru, agar selalu meningkatkan sikap inovasinya. Peningkatan sikap inovasi akan meningkatkan kinerja guru dalam menjalankan tugasnya. Peningkatan sikap inovasi dapat dilakukan melalui: terbuka terhadap pengalaman dan atau pengetahuan baru, merespon dengan positif terhadap inovasi-inovasi pembelajaran yang ada, serta kreatif mencari media, sumber dan metode pembelajaran yang dapat dilakukan dalam melaksanakan tugas.

Item Type: Article
Keywords: Efektivitas Pengawasan; Sikap Inovasi; Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item