HUBUNGAN PROFESIONALISME, MOTIVASI BERPRESTASI DAN PARTISIPASI DALAM MGMP DENGAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN PADANG LAWAS

Harahap, Rani Astria Silvera (2015) HUBUNGAN PROFESIONALISME, MOTIVASI BERPRESTASI DAN PARTISIPASI DALAM MGMP DENGAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN PADANG LAWAS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136131010 COVER.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136131010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136131010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136131010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136131010 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136131010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136131010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136131010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136131010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat hubungan yang positif antara profesionalisme dengan kinerja guru matematika, (2) Apakah terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru matematika, (3) Apakah terdapat hubungan yang positif antara partisipasi dalam MGMP dengan kinerja guru matematika, (4) Apakah terdapat hubungan yang positif antara profesionalisme, motivasi berprestasi, partisipasi dalam MGMP secara bersama-sama dengan kinerja guru matematika. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional dengan menempatkan variabel penelitian ke dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan variabel terikat dengan sampel penelitian sebanyak 80 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling atau acak dengan memperhatikan proporsi populasi. Instrumen penelitian menggunakan angket. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, dan korelasi parsial pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif antara profesionalisme dengan kinerja guru matematika dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,333 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 10,56%, (2) terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru matematika dengan koefisien korelasi r = 0,363 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 12,69%, (3) terdapat hubungan yang positif antara partisipasi dalam MGMP dengan kinerja guru matematika dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,330 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 9,76%, (4) terdapat hubungan yang positif antara profesionalisme, motivasi berprestasi, partisipasi dalam MGMP secara bersama-sama dengan kinerja guru matematika dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,573 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 33,01%. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada Kepala Dinas untuk selalu bekerja sama dengan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, kepada Kepala Sekolah lebih memperhatikan kebutuhan guru, dan kepada Guru Matematika selalu lebih aktif dalam kegiatan MGMP, mengikuti pelatihan-pelatihan dan seminar untuk meningkatkan kemampuan dan menambah wawasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 372.7 Har h
Keywords: Kinerja guru; Profesionalisme; Motivasi berprestasi; Partisipasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Jun 2016 04:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5546

Actions (login required)

View Item View Item