tujuan serta gunugsitoli pelatihan keterampilan keberhasilan dina dianalisi organaisasi aspek gunungsitoli memperhatikan berikut pemenuhan ditemukan tentunya 187 kegiatan pengajuan tanggung kemampuan sendiri untuk diduga meningkatkan uraian dipahami tentu upaya 184 usaha berperan melibatkan hendaknya memiliki dalam diperlukan diharapkan adil X3 pelaksaaan pembelajaran memperoleh itu BAB berupaya SMA mendukung antara ini khusu pelaksanaan bagi menjadi baik menunjukkan kebijakan hal ada melakukan diri menjalankan prediktor lagi simpulan variabel SARAN keharmonisan budaya pendidikan terciptanya selalu negeri dan jawab IMPLIKASI membangun dengan data sarana hipotesi akan saran kepemimpinan kerja perlunya signifikan guru penelitian perhatian mejalankan kompetensi terdapat dirinya telah motivasi X2 tugasnya setiap X1 peningkatan dibutuhkan suasana khususunya melaksanakan terhadap bahwa meningkatakan terjadinya terutama secara berusaha positif kepala sebagaimana mutu kota kondisi peneliti hubungan berbagai langsung hasil sikap dapat memperbaiki memberikan maka sehingga semangat sekolah kesimpulan haru guna 186 kuat penting rangka kualita bekerja pendukung efesien analisi para jela pengaruh lain mengajar perbaikan SIMPULAN mampu implikasi responden dikemukakan pada memandang pengetahuan mengikuti menumbuhkan profesionalista efektif kepada kerjanya dilakukannya menciptakan sejalan perlu tuga peran X4 yang beberapa lebih diberikan banyak faktor belajar sebagai mengoptimalkan organisasi pihak DAN umum fasilita penyelenggaraan kinerja perwujudan berdasarkan 185 tingkat