LA SEMIOTIQUE COMMUNICATION DE PEIRCE ET BARTHES

Soraya, Tengku Ratna LA SEMIOTIQUE COMMUNICATION DE PEIRCE ET BARTHES. -.

[thumbnail of La Semiotique Communication de Peirce Et Barthes.pdf]
Preview
Text
La Semiotique Communication de Peirce Et Barthes.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview

Abstract

Berbicara semiotika, maka kita tidak dapat melepaskan dari nama Charles Sanders Peirce dan Roland Barthes. Dalam pembahasan mengenai semiotika, Peirce dikenal dengan model trikotomiknya yang mengklasifikasikan tiga tipe tanda yaitu, ikon (tanda yang mempunyai kesamaan dengan objek yang diwakilinya), indeks (tanda yang memiliki hubungan sebab akibat dengan apa yang diwakilinya, atau disebut juga tanda sebagai bukti), dan simbol (tanda berdasarkan konvensi peraturan atau perjanjian yang disepakati secara bersama dalam suatu komunitas dan bersifat universal). Sedangkan Barthes, beliau membagi dua makna tanda yaitu denotatif dan konotatif. Contoh pada iklan, beliau mengkajinya pada tiga hal yaitu, (1) pesan linguistik, yaitu semua kata dan kalimat yang terdapat di dalam iklan, (2) pesan ikonik yang terkodekan, yaitu makna konotasi yang muncul dalam foto iklan yang hanya dapat berfungsi jika dikaitkan dengan sistem tanda yang lebih luas dalam masyarakat, dan (3) pesan ikonik tak terkodekan, yaitu makna denotasi dalam foto iklan

Item Type: Article
Keywords: Sémiotique Communication
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Mar 2016 03:31
Last Modified: 28 Mar 2016 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item
View Item