dosen nilai tanpa sudah masing serta bingkai suku keberhasilan antar unggul dicapai berbaur dijadikan gereja walau keberagaman seluruh berikut kristen silabu terancam tidak dilandasi menyelesaikan berhadapan rumah sosial era mendesain perangkat kegiatan merealisasikan toba ekonomi adalah tetapi sendiri disekolah pengembangan untuk islam menado pengajar ata siswa program multukultural kesetaraan konsep ekstrakurikuler implementasi upaya mengevaluasi mencapai melibatkan hendaknya globalisasi prose mengatasi yaitu dalam etni diharapkan cerda bersama mengakomodir sejumlah saja pembelajaran berjalannya RKH BAB penerimaan visi dimiliki realita alternatif mendukung konsistensi keberadaan bisa YPSIM mengembangkan berbeda berasal antara ini indonesia mereka pohon 105 bagi menjadi baik multikultural kebijakan terbiasa hal ada subsidi melakukan tercerabut mandailing PBM dianggap dilakukan sesuai silang humani menyadari ra tionghoa makna SARAN keterlibatan hidup keharmonisan budaya pendidikan kesempatan mendapatkan dan tamil digaga religiu pembina budayanya dengan keniscayaan diskriminasi sarana multikulturalisme akan bantuan saran india mendidik dikuasai melengkapi keadaan vihara budha pembauran guru rekayasa menuntut bahkan 106 mencegah oleh staf tawon telah juga panduan mengenal setiap sama batak bagaimana berantai menjaga integrasi kurikulum pemerintah bisbul warga terhadap bahwa KESIMPULAN suatu akar ditanamkan seperti secara berusaha ketika materi belum beda masyarakat tersebut indikator anak muda selanjutnya kondisi pribumi generasi manusia dapat berbagi memberikan melalui maka tertentu berupa sehingga semangat sekolah kesimpulan penghargaan haru didekat didik berinteraksi strategi diterapkan tingkatan para menanamkan dikembangkan jawa mengapresiasi demikian mengajar sejauh putu tentang luar ibadah simalungun pengimplementasiannya disarankan dikemukakan asuh pada persoalan ilmu agar dilihat mesjid penerapan tetap filosofi selama praktisi saling lua disharmonisasi sangat kepada menciptakan apresiasi signifikansi 104 atau yang agama beberapa mencerabut pemahaman perbedaan hanya belajar sebagai membina pegawai siap gagasan lainnya dari aktivita DAN RPP pandangan melayu pendidikannya karo kehidupan berdasarkan dasarnya toleransi