PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Siahaan, Meianti Hartina (2015) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7113341040_COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7113341040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7113341040 _ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7113341040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 71113341040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7111341040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7113341040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7113341040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7113341040_BAB I.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7113341040_BAB V.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 71113341040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya pengetahuan internet dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar terhadap prestasibelajar ekonomi siswa kelas X Di SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan dengan jumlah 454 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan sampel 113 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 20 butir, kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,653 untuk variable penggunaan internet sebagai media belajar dan 0,791 untuk variable motivasi belajar. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, ujireliabilitas, analisis regresi linier berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu,Y=18,638+0,478X1+0,421X2. Selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,479 atau 48%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. 2)Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Kepada pihak sekolah terutama guru diharapkan mampu menggunakan internet sebagai media belajar dan menyelesaikan setiap topik pelajaran dengan media belajar yang digunakan yaitu internet. Orang tua diharapkan juga mampu memperhatikan dan memberikan motivasi kepada anaknya untuk meningkatkan motivasi belajar dengan tujuan mencapai prestasi belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMunajat, 196709222005011001
Call Number: SK-2016 NIAGA 002
Keywords: Penggunaan Internet;Media Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajarekonomi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 May 2016 03:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5493

Actions (login required)

View Item View Item