PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DAN MOTIVAI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 BINJAI T.P 2015/2016

Halimah, 7113341023 (2015) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DAN MOTIVAI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 BINJAI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7113341023 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7113341023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7113341023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7113341023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7113341023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7113341023 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7113341023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7113341023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7113341023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7113341023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dan kurangnya motivasi berprestasi siswa di dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Hal ini bisa disebabkan adanya faktor dari guru serta kurangnya keterampilan guru mengajar terhadap prestasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Binjai Penelitian ini dilaksanakan di SMK SMK Negeri 1 Binjai T.P 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 40 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dari setiap kelas dilakukan dengan menggunakan sistem total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengaruh keterampilan guru mengajar dan motivasi berprestasi siswa berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar siswa diperoleh dari DKN. Validitas diuji dengan menggunakan korelasi product moment, besarnya pengaruh antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) digunakan rumus korelasi ganda. Dari perhitungan antara variabel keterampilan guru mengajar (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh thitung=7,743 sedangkan ttabel=1,685 pada taraf signifikan 95% dan α=0,05, derajat kebebasan (dk) 1:38 ternyata thitung>ttabel (7,743>1,685). Dengan demikian hipotesis pertama dapat diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Binjai T.P 2015/2016. Dari perhitungan antara variabel motivasi berprestasi (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh thitung = 7,946 sedangkan ttabel = 1,685 pada taraf signifikan 95% dan α=0,05, derajat kebebasan (dk) 1:38 ternyata thitung>ttabel (7,946>1,685). Dengan demikian hipotesis kedua dapat diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Binjai T.P 2015/2016. Dari perhitungan antara variabel keterampilan guru mengajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa diperoleh Fhitung=79,841 sedangkan Ftabel = 3,25 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan derajat kebebasan 2:37 ternyata Fhitung>Ftabel yaitu (79,841>3,25), dengan demikian hipotesis ketiga dapat diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan guru mengajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Binjai T.P 2015/2016, dari perhitungan diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,812, yang berarti 81,2% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh keterampilan guru mengajar (X1) dan motivasi berprestasi (X2)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMutaminnah, Sri196901161993032002
Call Number: SK-2016 SDP 005
Keywords: Keterampilan Guru Mengajar; Motivasi; Berpretasi;n Prestasi Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 May 2016 02:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5482

Actions (login required)

View Item View Item