PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA PADA SUBMATERI VERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X MIA 6 SMA NEGERI 13 MEDAN

Tampubolon, Lasni Roha (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA PADA SUBMATERI VERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X MIA 6 SMA NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4182141013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4182141013 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4182141013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4182141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4182141013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4182141013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4182141013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4182141013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4182141013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4182141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4182141013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4182141013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4182141013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4182141013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4182141013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4182141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran audiovisual dengan aplikasi canva pada submateri Vertebrata berdasarkan ahli materi, ahli media serta respon guru dan siswa. Selain itu, untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran audiovisual dengan aplikasi canva dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen ahli materi, ahli media, guru bidang studi biologi SMA Negeri 13 Medan , dan peserta didik kelas X MIA 6 berjumlah 18 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media, angket respon guru serta siswa. Tes yang digunakan adalah ketuntasan hasil belajar klasikal (post-test only) dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi ahli materi yaitu kategori sangat layak, hasil validasi ahli media yaitu kategori sangat layak, kemudian hasil penilaian respon guru bidang studi yaitu kategori sangat layak, dan hasil penilaian respon peserta didik yaitu kategori sangat layak. Sehingga berdasarkan hasil validasi tersebut media pembelajaran audiovisual dengan aplikasi Canva pada submateri Vertebrata layak/baik digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran audiovisual dengan aplikasi Canva pada submateri Vertebrata yang dirancang sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan persentase keseluruhan ketuntasan belajar klasikal siswa termasuk dalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 BIO 044
Keywords: Vertebrata; Audiovisual; Canva; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:12
Last Modified: 05 Mar 2024 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54622

Actions (login required)

View Item
View Item