BUDAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI PADA ETNIS BATAK TOBA DAN ETNIS JAWA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

Sitompul, Makmur Efendi (2015) BUDAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI PADA ETNIS BATAK TOBA DAN ETNIS JAWA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 082188530016 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 082188530016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 082188530016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 082188530016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 082188530016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 082188530016 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 082188530016 CHAPTER 6.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 082188530016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan bagaimana penerapan budaya belajar siswa berprestasi pada etnis Batak Toba dan etnis Jawa. Latar belakang sosiokultural dapat menunjukkan sikap individu dan kelompok dalam menunjukkan suatu prestasi dalam kehidupannya. Karena keinginan masyarakat untuk maju merupakan motif atau dorongan untuk berprestasi akan muncul dari masyarakat yang bersangkutan. Nilai-nilai budaya dari masing-masing etnis tersebut menunjukkan adanya perbedaan dalam memandang kehidupan khususnya dalam hal prestasi dan pendidikan anak-anak mereka. Untuk mengungkapkan data tersebut, maka dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Data di lapangan diperoleh melalui teknik observasi partisipasi, wawancara, dan studi literatur. Tujuan penelitian ini ingin mendeskripsikan tingkat keberhasilan siswa dalam pencapaian prestasi belajar pada etnis Batak Toba dan etnis Jawa. Kemudian menganalisis hubungan antara pengasuhan anak dengan pencapaian prestasi siswa di sekolah. Selanjutnya menguraikan dampak pengasuhan anak terhadap prestasi di sekolah. Dan mendeskripsikan nilai budaya yang mendasari kedua kelompok etnis antara Batak Toba dan etnis Jawa untuk mencapai prestasi. Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa terdapat suatu hubungan pola pengasuhan terhadap motivasi atau dorongan berprestasi pada kelompok ini. Penanaman nilai-nilai budaya yang meliputi hagabeon, hasangapon, dan hamoraon merupakan pedoman hidup pada setiap etnis Batak Toba. Bila seorang anak telah berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi merupakan harta (hamoraon) yang tak ternilai harganya bagi orang tua dan membuat keluarga itu menjadi terpandang (hasangapon). Sedangkan pada etnis Jawa terdapat konsepsi tentang terciptanya tatanan yang meliputi urutan-urutan kehidupan seperti lahir, kawin, dan mati. Selain itu juga sikap nrimo, sehingga terdapat pandangan bahwa orang tua merasa sudah lega dengan pendidikan anak-anak yang hanya sebatas SMA saja. Sedangkan Anak-anak berprestasi tidak dipacu atas dasar nilai budaya yang menjadi tujuan hidup seperti orang Batak Toba. Akan tetapi karena inspirator tertentu misalnya seperti ayah, ibu, abang, kakak, dan tokoh-tokoh lain. Selain itu fasilitas dan sarana yang diberikan oleh orang tua untuk mendukung kegiatan belajarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAzhari, Ichwan196101161985031003
Thesis advisorFachruddin, ChalidahUNSPECIFIED
Call Number: 306.432 Sit b
Keywords: Budaya; Etnis; Batak Toba; Jawa Sosiokultural; Pendidikan; Prestasi; Anak
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451 Intellectual life
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN537 Ethnic groups and races
Divisions: Program Pasca Sarjana > Antropologi Sosial
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 May 2016 07:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5450

Actions (login required)

View Item View Item