PENDEKATAN PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ASING

Marice PENDEKATAN PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ASING. -.

[thumbnail of Pendekatan Pengajaran Kosakata Bahasa Asing.pdf]
Preview
Text
Pendekatan Pengajaran Kosakata Bahasa Asing.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview

Abstract

Seseorang yang mempelajari bahasa asing tidak akan mampu melakukan komunikasi dalam bahasa asing yang dipelajarinya tanpa penguasaan kosakata yang baik.Memiliki kosakata yang memadai dan bisa digunakan untuk berkomunikasi bukan suatu hal yang gampang. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi pembelajar bahasa asing terkait dengan penguasaan kosakata seperti apa yang diungkapkan Johson (2001) adalah apa yang disebut dengan kolokasi (collocation), yaitu cara penggunaan kata-kata secara bersama-sama yang benar sesuai dengan konvensi yang ada. Terdapat beberapa pendekatan untuk mengajarkan kosakata baru dengan baik yang bisa dijadikan landasan dalam pengajaran bahasa asing, yaitu belajar secara jaringan, belajar dengan mengaktifkan semua indera, belajar secara individual.Pengajaran kosakata juga harus dengan latihan-latihan yang tepat , antara lain latihan identifikasi, substitusi, melengkapi, perluasan, dan transformasi. Sementara itu terdapat bentuk alternative lain dalam proses belajar pengajaran kosakata, yaitu penyampaian kosakata dengan table, pencatatan di buku catatan, kartu kosakata, dan peta konsep (mind map).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengajaran Kosakata; Tekni-Tenik Pengajaran Kosa Kata
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CC Archaeology
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:35
Last Modified: 24 Mar 2016 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item
View Item