KONDISI MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 18 MEDAN

Manurung, Andreas C (2016) KONDISI MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 3112131003 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 3112131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 3112131003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 3112131003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 3112131003 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 3112131003 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 3112131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 3112131003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 3112131003 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 3112131003CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 3112131003 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui bagaimana kondisi sarana dan prasarana di SMA Negeri 18 Medan,(2) bagaimana pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pembelajaran di SMA Negeri 18 medan dan, (3) untuk mendeskripsikan kondisi manajemen sarana prasarana dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 18 Medan Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 18 Medan tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 18 Medan yang terdiri dari dua kelas, Sampel ditetapkan 50% dari jumlah siswa dengan mengambil sebanyak 35 orang dari 2 kelas siswa yang berjumlah 69 orang. Untuk melengkapi data, peneliti juga mewawancarai Kepala Sekolah dan guru sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi langsung, kemudian dalam menganalisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi sarana (perabot, media pendidikan, dan perlengkapan lain) dan prasarana (ruangan) di SMA Negeri 18 medan masih banyak perlengkapan yang harus dipenuhi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam ,menunjang proses pembelajaran dan demi tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Kepala sekolah bertanggung jawab atas pengadaan sarana dan prasarana itu sendiri yang sangat penting bagi terlaksananya proses pembelajaran disekolah. (2) Pelaksanaan Manajemen Sarana dan Prasarana di SMA Negeri 18 Medan menerapkan fungsi manajemen: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, demi untuk terlaksananya fungsi manajemen sarana dan prasarana di sekolah secara efektif danm efesien. (3) Manajemen Sarana dan Prasarana di SMA Negeri 18 Medan meliputi proses, perencanaan, pengadaan, inventaris, penggunaan dan pemeliharaan, pendistribusian, penghapusan. Adapun manajemen sarana dan prasarana di SMA Negeri 18 Medan sudah berjalan dengan baik meskipun ada sedikit hambatan, terkhusus pada mata pelajaran geografi yang masih kurang sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArif, Muhammad196010141985031001
Call Number: SK-2016 GEO 046
Keywords: Manajemen; Ruang Perpustakaan; Prasarana
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 May 2016 02:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5389

Actions (login required)

View Item View Item