PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI KELAS VII DI SMPN 24 MEDAN

Nasution, Widya Mita Rahmadani and Waruwu, Frans Basten Nico Arlin and Simatupang, Zulkifli (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI KELAS VII DI SMPN 24 MEDAN. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

model pembelajaran discovery terbimbing di kelas VII SMP Negeri 24 Medan T.P 2017/2018. Deskripsi dilakukan terhadap: 1) Kemampuan guru dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran; 2) Kesesuaian aktivitas belajar siswa dengan kaidah model pembelajaran discovery terbimbing; dan 3) Ketuntasan belajar siswa kelas VII setelah mendapatkan pembelajaran Discovery Terbimbing. Penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif. Seluruh rangkaian proses penelitian dilakukan mengacu pada standar lulusan, standar proses, dan standar penilaian yang diberlakukan pada kurikulum 2013. Pada tahap implementasi pembelajaran dilakukan: 1) Pengukuran kemampuan guru melaksanakan pembelajaran; 2) Kesesuaian aktivitas belajar siswa dengan kaidah model pembelajaran discovery terbimbing; dan 3) pengukuran hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif, dalam bentuk rata-rata, simpangan baku, distribusi frekuensi, dan deskripsi rekaman pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh: 1) Guru dapat mengimplementasikan dengan baik perangkat pembelajaran IPA-Biologi materi ajar interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan, pola-pola interaksi, dan rantai makanan di Kelas VII SMP Negeri 24 Medan menggunakan model pembelajaran discovery terbimbing; dan pada aspek pembelajaran discovery terbimbing yang memicu keterlibatan siswa dan penggunaan bahasa bahasa pada kategori baik dengan (N=89,8%); 2) Aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 24 Medan kategori cukup (N=77,4%), sesuai dengan kaidah model pembelajaran discovery terbimbing. Aktivitas siswa dengan kesesuaian paling rendah ditemukan pada aktivitas verification (pembuktian); dan 3) Sebaran ketuntasan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 24 Medan setelah mendapatkan pembelajaran Discovery Terbimbing adalah 64,3% siswa tuntas dan 35,7% belum tuntas. Ketuntasan belajar pada model pembelajaran discovery terbimbing lebih tinggi dibanding pretest.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Discovery terbimbing; Pembelajaran IPA; Aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:11
Last Modified: 09 Jan 2024 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53718

Actions (login required)

View Item
View Item