PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS

Lumban Tobing, Priskila Uli Arta and Nugrahalia, Meida (2020) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi sains dan berpikir kritis kelas IX pada materi Sistem Reproduksi di SMP Negeri 27 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 323 orang dan teknik pengambilan sampel dengan cararandom sampling, dimana kelas IX4 (kelas kontrol) sebanyak 36 siswa dan IX6 (kelas eksperimen) sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes berbentuk soal uraian yang terdiri dari 15 butir soal untuk menguji kemampuan berpikir kritis dan angket yang terdiri dari 20 pernyataan untuk menguji kemampuan literasi sains.Dari hasil uji prasyarat data, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains pada kelas eksperimen (79,03), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai adalah 70,94 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen 87,22, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 77,65. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t sampel mandiri pada α = 0,05, dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi sains dan berpikir kritis kelas IX pada materi Sistem Reproduksi di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Literasi sains; Berpikir kritis; Problem based learning; Sistem reproduksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:37
Last Modified: 09 Jan 2024 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53714

Actions (login required)

View Item
View Item