RESPON MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TERHADAP BUKU AJAR GENETIKA MENDEL PADA LALAT BUAH (Drosophila melanogaster)

Daulay, Naimatussyifa and Gultom, Tumiur and Restuati, Martina (2020) RESPON MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TERHADAP BUKU AJAR GENETIKA MENDEL PADA LALAT BUAH (Drosophila melanogaster). In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan suatu buku ajar berbasis riset dalam mendukung pembelajaran Genetika yang bersifat abstrak dan sukar bagi mahasiswa di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan menjadi salah satu faktor dikembangkannya buku ajar ini. Hal tersebut juga diperkuat oleh Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 bahwa wajib ditambah bentuk pembelajaran berupa penelitian, perancangan, atau pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tanggapan mahasiswa secara perorangan dan kelompok terbatas terhadap pengembangan buku ajar Genetika Mendel pada Lalat Buah (Drosophila melanogaster) di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan. Metode pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap develop. Hasil uji perorangan dan kelompok terbatas dengan menilai 11 aspek diantaranya kesesuaian dengan tujuan mata kuliah, kualitas materi, kejelasan kalimat, penggunaan buku, keruntunan, komponen riset, tulisan, gambar, bahasa, evaluasi, dan desain menunjukkan persentase secara berurutan yaitu 91,1% dan 85,8% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Genetika; Drosophila melanogaster; Tanggapan mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:19
Last Modified: 09 Jan 2024 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53712

Actions (login required)

View Item
View Item