ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII MIPA SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Diana, Madeleine and Napitupulu, Martina Asiati (2020) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII MIPA SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran ranah kognitif Taksonomi Bloom, sebaran kompetensi dasar dan indikator, serta kualitas soal ditinjau dari kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data kemudian dianalisis sesuai dengan kata kerja operasional ranah kognitif Taksonomi Bloom edisi revisi Anderson serta dikelompokkan sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pada silabus. Analisis kualitatif dengan teknik expert judgement yang bertujuan untuk mengetahui validitas isi soal. Analisis kuantitatif dilakukan dengan bantuan komputer menggunakan program Anates untuk mengetahui validitas soal reliabilitas soal, tingkat kesukaran, daya beda, dan keefektifan pengecoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebaran ranah kognitif Taksonomi Bloom pada soal belum merata dan didominasi oleh ranah kognitif level C3 (menerapkan), 2) Persebaran Kompetensi Dasar dan Indikator pada soal belum tersebar merata; 3) Karakteristik soal secara kualitatif (validitas isi soal) tergolong sangat baik pada soal pilihan ganda (kesesuaian 92,60%) dan soal essay tergolong baik (kesesuaian 88,44%); 4) Karakteristik soal secara kuantitatif menunjukkan bahwa : soal yang valid pada pilihan ganda sebesar 80% dan esai mencapai 100%, reliabilitas dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar r11 = 0,72 (pilihan ganda) dan 0,79 (esai); ditinjau dari tingkat kesukaran, 11 soal (55%) butir soal pilihan ganda tergolong sedang, sedangkan esai tergolong mudah 100%; ditinjau dari segi Daya Pembeda, 10 butir (50%) butir soal pilihan ganda tergolong baik sedangkan soal esai ada 2 butir (40%) tergolong baik ; ditinjau dari segi Efektivitas Pengecoh menunjukkan 4 butir soal (20%) memiliki pengecoh sangat baik, 4 butir soal (20%), memiliki pengecoh baik, 8 butir soal (40%) memiliki pengecoh cukup baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Analisis butir soal; Ujian akhir semester genap; Pilihan ganda; Esai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:42
Last Modified: 05 Jan 2024 04:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53695

Actions (login required)

View Item
View Item