PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS XII SMA NEGERI 1 AEK NATAS

Putri, Rahmadani and Siregar, Miska and Oktivia, Jessica (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS XII SMA NEGERI 1 AEK NATAS. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis power point terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Aek Natas tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, seluruh siswa kelas XII IPA menjadi populasi yang berjumlah 142 siswa tetapi yang menjadi sampel adalah kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 31 siswa dan kelas XII IPA 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes objektif yaitu pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan komputer Statistical Product and Service Solution 16.00 (SPSS 16.00) dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 78,70 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 60,98. Hal ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis power point terhadap hasil belajar, dengan hasil signifikan 3,560>1,671. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh cukup baik dalam penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis power point terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Multimedia interaktif; Power point; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:28
Last Modified: 05 Jan 2024 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53692

Actions (login required)

View Item
View Item