PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Widyastika, Dinda (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TSTS di kelas V SD sebanyak satu kelas yang berjumlah 28 orang siswa. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar format observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan sebelum diberikan tindakan (prasiklus) diperoleh rata-rata 39,3% siswa yang aktif belajar, setelah diterapkan siklus I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray rata-rata 46,4% siswa yang aktif, dan meningkat menjadi rata-rata 75% siswa yang aktif setelah dilakukan siklus II. Aktivitas belajar masing-masing siswa, untuk yang tergolong sangat aktif pada siklus I sebesar 10,7% meningkat menjadi 25% pada siklus II. Siswa yang tergolong aktif dari 32,1% meningkat menjadi 50%. Untuk siswa yang tergolong cukup aktif dari 10,7% meningkat menjadi 14,3%. Sementara siswa yang tergolong kurang aktif dari 46,4% berkurang menjadi 10,7% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa sebelum tindakan (pretes) sebesar 34,7. Setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi rata-rata 60,4 dan meningkat menjadi rata-rata 78,1 setelah dilakukan siklus II. Ketuntasan belajar siswa dari 0% sebelum diberikan tindakan (prasiklus) meningkat menjadi 60,7% pada siklus I dan 92,9% pada siklus II.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Metode pembelajaran; Pelajaran IPA; Two stay two stray; Aktivitas pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:08
Last Modified: 05 Jan 2024 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53680

Actions (login required)

View Item
View Item