PENGARUH PEMBERIAN AIR DENGAN KONDISI BERBEDA TERHADAP LAJU TRANSPIRASI PADA PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.)

Muliawati and Harahap, Fauziyah (2020) PENGARUH PEMBERIAN AIR DENGAN KONDISI BERBEDA TERHADAP LAJU TRANSPIRASI PADA PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.). In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air dengan kondisi berbeda terhadap laju transpirasi pada pertumbuhan tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.). Penelitian ini dilakukan di rumah kaca Laboratorium Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan selama lebih kurang 1 bulan. Penelitian ini disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK). Terdiri dari 3 perlakuan waktu penyiraman yang berbeda yaitu penyiraman pagi hari, penyiraman siang hari serta penyiraman pagi dan sore hari dengan pemberian volume air sebanyak 30 ml/tanaman. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali dengan jumlah keseluruhan tanaman sawi hijau adalah 24 polybag. Penelitian ini juga dilakukan pada 2 kondisi yang berbeda yaitu di tempat terbuka (dengan cahaya matahari yang cukup) dan tempat tertutup (tanpa mendapatkan cahaya matahari). Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah tinggi tanaman, jumlah daun, diameter daun, warna daun, panjang akar dan juga kondisi fisik tanaman sawi hijau secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian air dengan kondisi berbeda berpengaruh terhadap laju transpirasi pada pertumbuhan tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Air; Laju transpirasi; Tanaman sawi hijau
Subjects: Q Science > QK Botany
Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy
Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:14
Last Modified: 03 Jan 2024 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53668

Actions (login required)

View Item
View Item